Friday, March 14, 2014

Rusak Kemasan Produk Apapun Sebelum dibuang

Mumpung lagi belum banyak kerjaan di tengah bulan, masih bisa ngepost satu tulisan lagi deh ^_^

Apakabar semuanya? Semoga baik dan sehat selalu yah.. Aamiin..

Kali ini aku mau cerita tentang apa yang aku tonton beberapa waktu lalu di televisi, bahwa pemalsuan produk akhir-akhir ini semakin marak aja.. Produk bisa dari alat mandi, make-up, bahkan sampe ke makanan dan minuman. Duh miris dan takut ngeliatnya.. Bayangin aja kalo ternyata barang yang dibeli dengan maksud untuk menbaikkan diri malah jadi merusak diri.. Serem kan....

Contoh nih, duluuuuuuuu banget aku pernah beli Shampo Dove dan Conditionernya komplit, botol gede yang ada pump-nya di toko kosmetik, bukan di supermarket.  Dan ketika aku mau keramas aku pencet deh itu pump shamponya. Dan seketika aku mengernyitkan dahi. Kok bau dan teksturnya beda? Aku chek lagi expired date nya masih lama boo.. Sekitar setahunan lebih lagi. So nggak mungkin expired kan?

Ya aku pikir itu shampo emang udah berubah parfumnya, dan akhirnya keramas lah aku menggunakan shampo tersebut.  Setelah keramas itu aku ngerasa rambutku kok malah kaya kena badai tornado. Wah udah nggak bener nih, aku langsung berasumsi kalo yang aku beli bukan Dove asli, tapi PALSU... -_- Aku langsung jadiin tuh sampo untuk cuci-cuci yang perlu dicuci (piring, cuci bak mandi, cuci kaos kaki hahahaha). Sayang juga kalo dibuang, kemasan gede, belinya juga setara harga shampo asli, eh ternyata palsu..

Belum lagi pengalaman ketika aku berkunjung ke rumah Oom aku, ketika kami disana lagi silaturahmi, dia ditawarin sama tetangganya Shampo Pantene untuk nyuci mobil. Aneh kan.. Masa Shampo Pantene botol segede gaban itu dijadikan untuk nyuci mobil. Pas aku tanya itu ternyata shampo palsu yang memang dikemas dengan botol asli yang menjadikannya tampak seperti asli.. Yang astaganya lagi ternyata banyak banget shampo palsu dari tetangganya itu, ada sekitar 10 botol. Dan karena mereka tetanggaan makanya si tetangga itu ngaku kalo itu shampo palsu dan nggak menyarankan kami menggunakan sesuai dengan fungsinya untuk rambut. Ckckckckc...

Nah, ketika aku nonton televisi yang tentang investigasi gitu, terungkap juga kalo ada balsem untuk urut juga dipalsuin.. Dengan bahan-bahan nggak jelas yang dibeli di toko kimia, oknum nggak bertanggung jawab itu meracik sendiri komposisi dari balsem tersebut. Mereka dapet kemasan balsem yang itu dari pemulung yang emang memilah-milah sampah yang datengnya dari rumah kita juga. Setelah dibersihkan dengan seadanya balsem palsu itu dikemas dengan apik dan  canggihnya ada segelnya pula lagi. Duh ! Makin edan dan nggak tenang aja mau beli barang.. 

Beda ya sama produk kosmetik dan perfume yang replika dan KW-KW tu. Kalo itu kan emang udah tau kalo produk tersebut barang palsu so terserah  mau dibeli dan digunakan atau enggak, resiko juga pasti udah dipikirin kan. .. Nah ini, ngarepin dapet barang bagus dan asli eh ternyata palsu. Apa nggak zonk banget tuh..

So, emang nggak bisa mencegah kejahatan yang jadi mata pencaharian terlarang dari oknum-oknum nggak bertanggung jawab. Kita cuma bisa "meminimalisir" tindak kriminal yang mungkin terus terjadi. Salah satu caranya adalah jangan membuang kemasan bekas dari produk yang kita gunakan dengan utuh

Contoh nih, kemasan toner Viva ku udah abis dan aku udah beli yang baru lagi, ketika mau membuang botol kosongnya, aku rusak dulu botolnya dengan extreem. Hahahah.. Bisa digunting, dibolongin, dibocorin atau gimanalah.. Begitupun dengan tutup-nya.. Yang penting rusak dan nggak bisa didaur ulang lagi. Karena kalo udah begitu para pemulung nggak akan bisa ngejual kemasan-kemasan tersebut ke oknum nggak bertanggung jawab itu. Dan kalaupun mereka tetap jual, konsumen juga nggak akan mau beli produk dengan konsidi udah kucel begitu kan? Tapi kalo produk tersebut ada kemasan isi ulangnya, masih bisa digunakan kemasan botol sebelumnya, jadi  nggak ngebuang sampah yang bisa didaur ulang isinya.. Memang sih berarti menghambat rezeki dari pemulung-pemulung, tapi paling nggak kan juga udah membantu orang lain sedikitnya satu orang deh yang mungkin adalah orang yang disayang..

Ada juga beberapa produk yang buat undian dengan mengirimkan guntingan kemasan kosong untuk dikirim ke mereka sebagai syarat mengikuti undian kuis. Menurutku itu salah satu cara dari perusahaan tersebut agar produknya nggak dipalsukan. Bener juga idenya, untung-untung bisa dapet hadiah :D

Itu masih produk yang dipake di kulit ya.. Gimana lagi dengan pemalsuan makanan yang langsung masuk ke kerongkongan dan dicerna oleh pencernaan, seperti kemasan kaleng susu untuk bayi.. Nggak kebayang.. So hati-hati ya teman-teman atas pemalsuan barang-barang yang memang terdeftar di BPOM. Bukan yang kawekawean itu.. Kalo itu mah emang udah banjir.. 

Saran aja nih. Boleh diterima boleh nggak. Sebelum membeli barang lihat dulu ada yang ganjil nggak dari kemasannya. Ada nggak segelnya. Dari beberapa produk shampo dan sabun cair botolan yang aku perhatikan jarang ada yang disegelin. So cium deh wanginya. Kalo emang udah langganan pake produk tersebut pasti tau kan bedanya.. Lihat juga cetakan expired datenya. Sekarang jaman makin canggih. Cetak-mencetak udah bukan hal yang susah lagi. Tapi kita masih bisa bedakan cetakan yang asli dan yang palsu. Kalo palsu biasanya ditimpa diatas cetakan asli yang udah dihapus dengan cairan kimia tertentu. Trus lihat kondisi toko tempat membeli. Aku pernah nggak jadi beli di supermarket karena kemasan yang berdebu kayak udah lama gitu dan tampilannya nggak meyakinkan..

Oke deh, cuma share pengalaman nggak enak aja sih, semoga bermanfaat ya..


No comments:

Post a Comment