Tuesday, April 22, 2014

Curhat : Kenapa jadi Blogger ?

Assalamualaikum...

Haloo haloo apakabar ?
Kali ini aku nggak lagi ngepost tentang review produk atau EOTD seperti biasa, tapi aku mau cerita bagaimana akhirnya aku bisa ngeblog
Awal Mula Ngeblog ?
Pertamanya aku ngeblog tahun 2009, saat itu ada seorang teman yang memamerkan blognya kepadaku.  Aku penasaran tetapi dia nggak memberitahukan apa itu blog dan bagaimana cara menggunakannya. Akhirnya aku cari sendiri apa itu blog dengan mesin pencari otomatis Google.com dan mulai sign up dengan menggunakan email. Tetapi pada saat itu aku bingung mau menulis tentang apa, begitupun dengan lay out seperti apa yang akan aku gunakan.  Dan pada akhirnya yang kutulis hanya cerita curhat tentang kehidupanku sehari-hari. Itupun nggak intens karena pada tahun 2009 itu aku masih kuliah dan jarang mengakses internet kecuali facebook dan twitter. Maklum masih alay-alaynya. 

Sampai akhirnya aku sering searching diinternet terutama melalui situs google.com si mesin pencari otomatis terpopuler saat ini. Karena aku wanita yang memang sedang belajar dandan dan suka sekali dengan make-up maka aku sering blogwalking ketika aku ingin mencari tau tentang review-review sebuah produk, dan dengan situs youtube.com aku sering menonton tentang make-up tutorial dari suhu-suhu dari luar negri (make-up guru).

Sekitar dua bulanan setelah sering blogwalking aku jadi terpikir bagaimana jika aku juga memberikan ulasan tentang sebuah produk yang mungkin akan dibutuhkan oleh orang banyak. Lalu aku bertemu dengan sebuah komunitas khusus beauty blogger dari Indonesia, semakin membuat aku ingin menulis tentang kecantikan karena aku punya banyak teman yang sehati. Setelah lama dianggurin, pada bulan Desember 2013 aku memantabkan diri untuk komit menulis di blog dengan latar belakang kecantikan, tidak hanya dengan mereview produk tetapi juga dengan mengikuti challenges yang diadakan oleh sebuah komunitas bernama Indonesian Beauty Blogger.

Awalnya blog aku ini bernama "Amelia Pratami dan Ceritanya", karena dulu aku suka cerita tentang kisah kasih dengan someone I love. Tapi lama-lama aku mikir kalo nama itu terlalu panjang dan to the point banget. Lalu aku ubah menjadi Ameltami's Sweet Recipes seperti saat ini. Inspirasinya sih dapet dari kata Ameltami, yaitu namaku yang aku singkat sesingkat singkatnya :D dan kata sweet recipes yang artinya resep yang manis, dan aku ingin tulisanku di blog ini akan membuat yang membacanya semakin manis dengan review produk kecantikan yang jujur dan terbuka :)

Keuntungan dalam Ngeblog ?
Keuntungan yang aku rasakan dalam menulis blog, yaitu kepuasan batin. Yah aku merasa sangat senang jika blog ini berguna oleh para teman-teman yang lain, dengan mengetik kata kunci dari Google.com dan akhirnya menemukan artikel di blog aku dan terjawab sudah pertanyaan mereka. Itu saja sudah termasuk keuntungan yang sangat besar untuk aku. Kalo secara financial aku belum terlalu memahami bagaimana cara kerjanya, apalagi dengan aplikasi Paid Per Click, mungkin nanti seiring dengan berjalannya waktu aku akan mempelajari apa yang bisa membuat blog aku ini akhirnya bisa menghasilkan uang.

Tips & Trick
Tips dan Trick dalam menulis blog ala aku:

1. Komitmen
Menjadi Blogger itu butuh komitmen yang sangat kuat loh. Kenapa? Karena kalo dari dasarnya emang keinginan musiman, yah cuma semusim aja nulisnya. So harus kudu nulis terus, komit deh.
2. Mau Mengamati
Ketika aku membaca sebuah blog yang sebenarnya cukup menarik, tetapi belum sampai habis aku membaca artikelnya, aku udah close tab blognya. Kenapa? Karena Lay-outnya bikin pusing kepala. Penuh dengan widget aneh-aneh dan tulisannya melingker kesana kemari dengan beerbagai macam warna. Memang sih aplikasi blogger ini memungkinkan kita untuk berkreasi dengan widget dan lay-out yang menarik, tetapi jujur ya aku nggak suka nongkrong di blog yang kesannya too much. Jadi karena pengalaman aku itu aku nggak ingin membuat pembacaku merasa boring juga ketika membaca blog ini. So aku design sendiri lay-out ini seminimal mungkin, tetapi masih cukup menarik untuk dibaca.

3. Jangan Sombong
Ketika blog kita sudah mulai terkenal dan banyak blogger baru yang mau kenalan dan ingin meminta kesediaan untuk follow back, please jangan sombong. Karena blog kita nggak akan ada apa-apanya tanpa pembaca. Dan senioritas sangat nggak berlaku di dunia perblog-an. Karena mau sebagai blogger baru atau blogger lama paling nggak kita satu tujuan yaitu memberikan informasi kepada pembaca. Kalo nggak ada yang baca mau jadi apa blog ini, bener nggak ? *pengalamanbanget*

4. Mau Belajar
Ya, ujung-ujungnya belajar juga. Karena kalo nggak mau belajar maka gaya tulisan kita akan begitu-begitu aja. Kualitas foto yang kita jepret juga gitu-gitu doank. So selama masih ada internet, gunakanlah sebaik-baiknya karena di i-net sudah banyak banget orang yang berbaik hati mau  memberikan tutorial how to bla bla bla yang semakin memudahkan kita dalam belajar.
 
Oke sekian cerita ngalor ngidul aku tentang gimana akhirnya aku bisa ngeblog. Yang belum ikutan ayo ikutan siapa tau kita sama-sama beruntung.. Aamiin..


Wassalam..

No comments:

Post a Comment