Monday, May 19, 2014

Harus Tau : Masa Pakai Produk Kecantikan

Assalamualaikum..
Hi Dear apakabar? Semoga sehat selalu ya.. Hihihi..

Kali ini aku mau ngepost tentang seberapa lama sih masa pakai (bukan masa kadaluarsa) suatu produk kecantikan yang hampir setiap hari kita gunakan? Dan apa akibatnya jika kita nggak concern ke hal tersebut? Berikut sedikit ulasannya :D





1. Eye Shadow ( 1 Tahun )
Eye shadow yang warna-warni apalagi jika kita lihat palette yang warnanya mejikuhibiniu sampai ratusan warna membuat kita sangat tertarik untuk memilikinya. Kita dapat membuat banyak eye look yang eye catching hingga glamors. Tapi sadarkah kita bahwa eye shadow masa penggunaannya setelah dibuka yaitu hanya satu tahun? Dan sadarkah kita bahwa mata kita hanya ada sepasang dan nggak semua warna bisa digunakan dalam satu kali kesempatan? Sehingga sayang rasanya ketika waktu sudah mendekati habis masa pakai tetapi eye shadow masih sangat banyak dan sayang untuk dibuang.Yah itulah kenyataan :p

So, solusinya sih belilah seperlunya eye shadow palette yang warnanya dapat digunakan sehari-hari. Jangan bernafsu untuk memiliki segala warna jika kita hanya menggunakannya di special occasion. Kecuali kamu adalah seorang make up artist atau sedang belajar make up secara serius! Dan jangan membeli eye shadow dengan warna yang mirip, sayang kan, udah warnanya mirip, masa pemakaiannya hanya satu tahun sejak dibuka, Weleh-weleh..

Begitupun dengan aku. Ketika eye shadow yang melewati masa satu tahun dan aku sayang untuk membuangnya, alhasil mataku bintitan sampai dua kali dalam tenggang waktu 2 bulan! Oh oh sejak itu aku lebih commit untuk hanya menggunakan eye shadow selambat-lambatnya satu tahun. 

2. Bedak ( 6 Bulan - 1 Tahun )
Bedak adalah barang wajib yang ada di pouch make up aku. Nah, Seberapa tahan lama masa pakai bedak ini? Bedak (baik bedak tabur ataupun two way cake) dapat digunakan dalam rentang waktu 6 bulan hingga satu tahun. Tetapi menurut analisis saya (weleh) bedak akan cepat sekali habis sebelum waku 6 bulan jika digunakan setiap hari. So nggak perlu  ada solusi mengenai bedak, kecuali mengganti atau mencuci sponge bedak setiap seminggu sekali. Nggak mau kan ada bakteri tinggal di sponge yang buat jerawatan ?

Tapi jika nggak sering digunakan, masa pakainya hanya 6 bulan hingga satu tahun!

3. Eye Liner  dan Mascara ( 3 Bulan )
Eye Liner (cair dan gel)  maupun Mascara ini akan cepat sekali mengering atau menggumpal. So masa pakainya hanya 3 bulan sejak pertama kemasan dibuka dan digunakan. Jika melewati tenggang waktu tersebut, yah siap-siap aja deh eye liner nggak akan berfungsi maksimal. Efek dari udara dan bakteri yang mengkontaminasi lah yang menyebabkan produk tersebut nggak tahan lama.

Walaupun bukan masa kadaluarsa, tetapi masa pakai ini juga sangat memperngaruhi hasil dari riasan kita loh!

4. Blushes ( 1 Tahun )
Sama dengan eye sahdow, blushes juga hanya dapat digunakan selambatnya 1 tahun. Biasanya blush dikemas dengan hanya satu warna dalam satu kemasan, sehingga si pemilik dapat menggunakan blushnya sampai habis sebelum waktu satu tahun (tergantung juga sih, kalo punya banyak warna aku rasa nggak akan habis juga tuh!)

Jika blusher berbahan cream, bisa lebih panjang masa pakainya hingga dua tahun, jika kemasannya berbentuk Tube, bukan Jar.

5. Lipstick ( 6 Bulan - 12 Bulan )
Masa kadaluarsa dari Lipstick yang beraneka warna cukup panjang, sekitar 1.5 hingga 2 tahun. Tetapi, masa pakainya hanya sekitar 6 hingga 12 bulan saja. Atau segera buang dan jangan digunakan jika teksture, warna dan aromanya sudah berubah. Biasanya sih akan ada "keringat" di sekeliling lipstick jika produk tersebut udah nggak layak pakai. Tapi, biasanya lipstick bisa cepat habis karena staying powernya yang kurang nampol jadi kita bisa sering-sering touch up. Heheheh..

Tapi kalau lippen kamu buanyak, agak-agak perhatiin masa pakainya yah! Nggak mau kan bibir kamu jadi hitam dan jadi nggak sehat??

6. Foundation, Concelaer dan BB Cream ( 6 Bulan )
Tidak dapat bertahan lama, produk ini hanya digunakan hingga 6 bulan setelah kemasan dibuka. So segera ganti dengan yang baru apabila foundation berubah menjadi sangat cair, berubah aroma menjadi apek, adanya perbedaan warna, dll. Akibatnya kalo tetep digunain ya selamat datang jerawat :D

7. Body Lotion dan Body Cream ( 2 Tahun )
Nah, ini produk yang lumayan panjang masa pakainya, hingga 2 tahun sejak produk tersebut dibuka, Mungkin akan segera habis setelah 3 bulan pemakaian secara rutin pagi dan sore hari. Hehehehe

Begitupun dengan produk mandi seperti sabun, shampo dan conditioner, bisa bertahan hingga 2 tahun sejak pemakaian awal. Tapi jarang banget deh ya bisa tahan sampai dua tahun... 

8. Perfume ( Hingga 8 Tahun )
Baik itu body mist, body cologne, body spalsh, eau de toilette hingga eau de perfume dapat digunakan sepanjang 8 tahun loh.. Selagi nggak berubah warna dan berubah aroma, asik asik aja untuk digunakan. Jadi bagi pecinta perfume boleh koleksi banyak-banyak karena masa pakainya yang panjang dan nggak akan basi. Heheheh..

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, effect jika kita lalai dalam memperhatikan masa pakai dari produk-produk tersebut bisa langsung dapat dirasakan. Seperti timbulnya jerawat, komedo, wajah yang kusam, bibir yang kering, warna yang nggak konsisten, dan sebagainya. 

Pengalaman bintitanku itu lah yang membuat aku lebih concern ke masa pakai dari suatu produk, bukan masa kadaluarsanya. Masa kadaluarsa adalah masa untuk produk tersebut layak dibeli atau tidak.. Tetapi masa pakai, yaitu dimulai sejak pertama kali priduk tersebut kita gunakan :)

SARAN
Jangan pinjem-pinjeman make up yah. Sama seperti jangan pinjem-pinjeman handuk.. :D

Oke lah sekian cerita sok tau dan sok ngajarin kali ini, semoga berguna buat kita-kita yang hobi make-up :*

Wasallam....


No comments:

Post a Comment